Wednesday, November 14, 2012

Ketika Cinta Datang Menghujam, Produktivitas Meningkat Tajam


Cinta…kita bicara soal cinta sekarang…oke, apa definisi cinta saudara-saudara? Ada yang tau? Haha…Menurut sumber dari internet yang baru saja saya dapat Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi terhadap objek tertentu. kira-kira seperti itu, Sebenarnya banyak definisi lain…tapi terlalu panjang kalo saya sebutkan satu-satu. Bukan untuk itu maksud tulisan ini dibuat…lagipula banyak dari kita yang mengatakan bahwa cinta adalah perasaan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata,  hanya hati yang bisa menerjemahkannya..asiiikkk :D, jadi percuma saja saya gambarkan cinta dengan banyak kata, lebih baik serahkan saja pada masing-masing hati manusia untuk menerjemahkannya sendiri. Betul begitu?? Apapun definisinya, yang jelas semua akan sependapat dengan saya jika cinta punya efek yang luar biasa, saat ia ditempatkan pada posisi dan porsi yang tepat…that’s goin’ to be an awesome effect, seseorang akan menjadi sangat produktif….ketika cinta datang menghujam, produktivitas meningkat tajam, dan itu terjadi pada diri saya…hehe

Ini adalah hasil penelitian yang saya lakukan dengan pendekatan historis, sampelnya adalah saya sendiri :D...taukah kalian? ternyata ada korelasi yang positif antara cinta dengan produktivitas, saya menjadi begitu produktif ketika mencintai sesuatu hal, itu yang terjadi…ketika saya SD contohnya, saya suka sekali menggambar…dan dari kecintaan saya itu saya bisa menghasilkan gambar-gambar yang indah, (ala anak SD tentunya :D) dan bahkan berani membuka jasa menggambar untuk teman2 yang lain saat ada PR menggambar dari ibu dan bapak guru, waktu itu gambar andalan saya adalah gambar pemandangan dengan gunung sebagai latar utama, pesawahan sebagai bumbunya dan realitas para petani sebagai sentuhan dramatisnya, (padahal waktu SD gk mikir segitunya) haha.. :D, dan satu lagi gambar andalan saya saudara-saudara, tokoh kartun kesayangan yang selalu  ditunggu kehadirannya setiap minggu walaupun cuma tayang di tipi setengah jam tiap minggunya (menjengkelkan…), dia adalah GOKU…yeaahhh!!! Saya yakin banyak dari kalian yang juga mengidolakan jagoan serial kartun dragonball ini…J, saat itu produktivitas menggambar saya tinggi sekali, hal tersebut terjadi tidak lain karena cinta…karena saya begitu cinta dengan aktivitas menggambar saat itu…

Ada lagi, saat SMP saya mulai menyukai sepakbola, sebenarnya suka dari SD tapi saat SMP lah rasa suka itu berubah menjadi cinta..(ihiiirrr…:D). karena kecintaan saya itu, saya rajin sekali berlatih…saya ingat sekali jaman2 itu masih ada acara tutorial bermain sepakbola di TVRI, setiap minggu jam 10.30…dan saya adalah salah satu penggemar setiannya (jaman itu internet belum ngetrend gan… :D) selesai menonton langsung saya praktekan di lapangan “jadi-jadian” di depan rumah, selain itu saya juga berlatih di SSB “burem” di kampung (ya walaupun burem tetep SSB namanya, haha…), dan dalam kurun beberapa minggu pernah juga bergabung dengan SSB yang katanya bagian dari akademi salah satu klub sepakbola ternama negeri ini. Segala upaya saya lakukan untuk mengasah kemampuan bermain sepakbola saya, itu tak lain karena ada cinta disana…hasilnya saat SMP saya terpilih menjadi bagian dari tim sekolah untuk ikut ambil bagian dalam pekan olahraga pelajar tingkat kabupaten atau POPDA tingkat SMP, walaupun akhirnya kandas, haha…hingga SMA saya masih menjadi tumpuan tim sepakbola sekolah, ikut di berbagai turnamen mewakili sekolah…walaupun belum pernah juara, #uppss :D, dan bersama teman-teman turut membangun smandaraya (ekskul sepakbola di SMA) bangkit dari kevakuman waktu itu…saya harus bilang sekali lagi bahwa itu karena cinta saudara-saudara. produktivitas meningkat luar biasa…

Oiya… saat kelas 2 SMA, saya jatuh cinta dengan ilmu hitung debit kredit dari negeri ratu Elizabeth bernama akuntansi. Tidak perlu saya jelaskan kenapa saya jatuh cinta, (bukan karena mau gebet orang lho, cintanya beneran tulus dari hati tanpa tedeng alih-alih.. :D) yang jelas dari kecintaan itu saya kemudian terpilih menjadi kontingen sekolah untuk ikut dalam berbagai ajang perlombaan termasuk olimpiade…terhitung sudah sekian trofi saya persembahkan untuk sekolah, yang tertinggi adalah saat menjuarai lomba akuntansi se-jabar dan banten di UPI bandung. Lagi-lagi karena apa??yappp…betul sekali, karena cinta saudara-saudara!! Kemudian produktivitas menulis saya juga meningkat tajam saat SMA, saat kecintaan saya terhadap aktivitas menulis sedang berada di level kurva tertinggi…puluhan cerpen (ala remaja ababil :D) berhasil saya hasilkan, puluhan puisi juga banyak sekali saya buat…bahkan sempat saya buat antologinya. Novelet pun sempat saya buat walaupun tidak selesai karena setelah saya baca ulang ternyata ceritanya “nggak bangettt”, hahaha…the point is..Semua bisa saya lakukan karena saya cinta dengan aktivitas2 itu…

Itu adalah sedikit bukti2 empiris yang saya himpun untuk mendukung hasil temuan saya bahwa cinta punya hubungan yang positif terhadap produktivitas, jadi produktivitas akan meningkat ketika cinta tumbuh menghiasi aktivitas yang kita lakukan. Sebenarnya masih banyak bukti-bukti yang lain…tapi berhubung batere laptop hampir habis, dicukupkan saja :D. saudara-saudaraku yang budiman…akhirnya saya harus menyimpulkan bahwa apapun aktivitas kalian, apapun pekerjaan kalian, apapun amanah kalian, atau siapapun gebetan kalian… (lhooooo….:D) landasilah dengan kecintaan…cinta yang tulus dari lubuk hati yang terdalam, karena dengan begitu, akan muncul energi potensial tersembunyi dalam diri kalian untuk mendorong kalian menjadi produktif. Produktif tingkat tinggi…sedangkan untuk saya pribadi ini masih menjadi PR yang kontinyu…karena memang kadang konsistensi sulit sekali di patri dalam diri. maka dari itu…mari sama-sama belajar untuk menjadi seorang pecinta yang produktif…asiiiikkk :D
Ketika cinta datang menghujam, produktivitas meningkat tajam !!!!

0 komentar:

Post a Comment