Saturday, November 23, 2013

Rumah Belajar Harapan Sahabat Tenggang (ikhlas berbagi untuk masa depan)

Rumbel Harapan Sahabat Tenggang adalah kegiatan sosial di bidang pendidikan dan pembinaan karakter anak yang diinisiasi oleh sekumpulan anak muda di semarang. Lokasi kami berada di dusun tenggang, kelurahan tambakrejo, kaligawe, semarang...

Lokasi dusun yang berada di pesisir membuat tempat ini akrab dengan bencana Rob, saking akrabnya kejadian yang kita anggap sebagai bencana ini sudah tidak lagi dianggap sebagai sebuah bencana oleh warga sekitar (harmony with disaster), padahal jika Rob datang, ketinggianya bisa mencapai lutut orang dewasa dan merendam sebagian besar rumah warga, bahkan menurut penuturan warga tiap beberapa tahun jalan dan rumah mereka harus ditinggikan jika tidak ingin terendam terus2an, sehingga jangan kaget jika saat berkunjung kesana anda akan banyak menjumpai rumah yang lantainya berada dibawah permukaan jalan. persoalan tidak sampai disitu, Rob yang datang pun biasanya satu paket dengan sampah, perilaku warga yang biasa membuang sampah seenaknya di bantaran sungai atau di belakang rumah2 mereka memberi konsekuensi kiriman sampah yang melimpah saat rob datang. jenis sampah ini beraneka ragam mulai dari sampah rumah tangga (plastik kaleng dkk) sampai "sampah" manusia produksi toilet2 portable yg tersebar di sepanjang sungai. dan yang mengkhawatirkan adalah jika rob datang atau saat sungai tenang anak-anak biasa berenang riang bersama-sama disana tanpa tau bahayanya.

Selain masalah Rob, terdapat masalah lain yang juga khas wilayah pesisir yakni masalah sosial dan pendidikan, utamanya untuk anak dan remaja. cukup banyak anak2 disana yang putus sekolah saat lulus SMP, alasannya beragam mulai dari tak ada biaya sampai karena memang tidak berminat sekolah. kondisi ini praktis memunculkan masalah sosial khas remaja akibat pergaulan yang tak terjaga, banyak remaja tanggung (usia SMP) yg sudah mengenal drugs dan kawan2nya, satu kejadian unik saat kami menanyakan perihal siapa idola mereka, beberapa anak menjawab kompak "genji" (tokoh dlm film crows zero), anda tentu tau bukan siapa orang ini, intinya secara tersirat kami menangkap bahwa kekerasan sudah menjadi bagian hidup mereka, faktor perhatian dan bimbingan dari orang tua yang kurang juga menjadi poin lainya....tentu ini mencemaskan. namun disisi yang berbeda ternyata ada harapan yang terpendam disana, menunggu untuk dimunculkan, tidak sedikit juga anak-anak yang memiliki semangat belajar tinggi dan kemauan untuk berprestasi. tapi mereka kurang terfasilitasi, mereka kurang akses pengetahuan dan bimbingan, dan mereka tidak memiliki lingkungan yang kondusif untuk menjaga semangat dan mimpi2nya. berangkat dari sana, Rumah belajar harapan sahabat tenggang mencoba untuk menjaga harapan2 itu tetap ada, kami berusaha memfasilitasi anak-anak tersebut suasana dan lingkungan yang baik, akses pengetahuan, pendidikan karakter (utamanya cinta lingkungan) serta menjaga semangat mereka terus ada...untuk mencapai tujuan2 tersebut ada beberapa kegiatan yang kami lakukan diantaranya, kegiatan rutin belajar bersama 2 kali dalam seminggu, membuat perpustakaan mini untuk anak2, kelas bakat dan konseling, serta kegiatan2 lain yang bersifat event setiap bulannya...dalam menjalankan kegiatan, kami dibantu oleh volunteer2 yang luar biasa sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa sisanya adalah anak muda sekitar dusun, tak ada yang bisa kami ucapkan selain penghargaan yang sebesar2nya untuk mereka, ikhlas berbagi tanpa imbalan materi...salute!

Akhir kata sebenrnya tidak banyak yang bisa kami berikan untuk mereka, anak-anak dusun tenggang yang ceria, apa yang kami lakukan adalah bentuk sumbangsih yg tak seberapa dan mungkin kecil dampaknya, tapi kami percaya bahwa sekecil apapun harapan, ia harus tetap dijaga... ikhlas berbagi untuk masa depan!!!



Rumah Belajar Harapan Sahabat Tenggang
Sekretariat : Dusun tenggang Rt03 Rw01, kelurahan tambakrejo, kaligawe, Semarang (rumah pak sudiasto)
cp humas : Enra (085726062996) isti (085723544461)
FP facebook : Rumah Belajar Harapan "sahabat tenggang"
twitter : @sahabatpulauSMG
website : http://www.sahabatpulausemarang.com

Donasi : BNI  0301437347  an. Suwandi Bn Duladi 
*donasi bisa berupa uang, buku atau lainnya


1 comment:

  1. saya punya buku bacaan (ceritera buat anak2), kalau saya ingin mendonasikannya untuk perpustakaan yang mas suwandi kelola gimana caranya mas? :)

    ReplyDelete