Thursday, January 9, 2014

Nostalgia di Kampung Tumaritis Bareng Tatang Suhendra

pernah gak kalian ngerasa kangeeeennn banget sama hal2 yang ada di jaman kecil kalian dulu??? bisa jadi itu berupa mainan, tontonan, atau bacaan yang sekarang ini mungkin udah susah banget dicari..atau bisa juga hal2 itu kini telah punah seiring waktu, contoh paling gampang buat gw yang notabene anak desa...misalnya gw inget jaman kecil dulu suka banget yang namanya bulan purnama, kenapa? karena pas bulan lagi gede2nya ini anak2 kumpul semua di pelataran rumah yang dulu masih luas kayak lapangan buat main bareng segala jenis permainan, sampe tengah malem, (anak2 di desa gw nyebutnya padang wulanan) hampir gak ada anak yang 'angrem' ndekem di dalem rumah, semua kumpul jadi satu di lapangan itu. lari2, ketawa2, teriak2, jumpalitan sepuas hati, kebayang kan gimana serunya??dalam semalam itu kita bisa main puluhan jenis permainan, (tapi sekarang gw udah gak bisa nemuin moment kayak gitu lagi di kampung gw, adik2 gw gak ngerasain main di bawah purnama seperti waktu jaman gw kecil)....jadi wajar kalo moment kayak gitu akhirnya sampe gw segede ini (padahal cuma nambah berapa centi doank :D) masih selalu gw kenang sebagai salah satu bagian dari masa kecil gw yang paling menyenangkan...mungkin anak2 seangkatan gw yang waktu itu main bareng gw dibawah sinar punama (asiikk... :D) jg merasakan hal yang sama, dan gw yakin kalian jg punya moment2 seperti ini saat kalian kecil dulu..tapi tentunya khas kalian masing2...biasanya entah kenapa gw selalu ngerasa kalo perasaan kangen dengan moment2 seperti itu lebih banyak dialami oleh anak2 yang lahir di angkatan 90'an, kalo premis gw sih ini mungkin karena memang angkatan 90'an ini peralihan antara jaman sebelum gadget sama jaman setelah gadget (hahaha...pembagian jaman yang aneh :D), ya itu premis gw sih, karena kalo lw perhatiin baik2, interval perubahannya tuh drastis banget dari jaman 90'an sama jaman yang sekarang, iya gak...???banyak hal yang ngetrend tahun 90'an tiba2 punah di jaman sekarang, lw inget2 deh gimana ngetrend nya goyang lumba2 bondan prakoso (sekarang apa masih ada?? ) gimana digandrunginya games 'engklek' (bahkan di kampung gw games ini udah kalah pamor sama plants vs zombie... *sedih ), gimana anak2 dan remaja pria begitu gemar menyisir rambutnya belah tengah (termasuk gw,hahaha), trus gimana imutnya tina toon dengan gerakan bolo2nya.. (hahaha...kalo ini emang karena tina toon udah gede dan milih ikut girl band aja sih sebenernya) ahh...sudahlah, gw bingung jelasinya...intinya gitu lah ya!! sebenernya bukan itu yang mau gw bahas,(gubraaakkk....) hahaha :D cuma buat prolog aja sebenernya... :p

gw cuma mau ngajak nostalgia, terutama anak2 angkatan 90'an...jadi jaman gw kecil dulu, ada satu bacaan selain majalah bobo yang sempet jadi primadona.. (paling gak buat gw). apa itu??? komik tumaritis nya Tatang Suhenra...mungkin gak semua tau komik ini, atau bisa juga tau tapi belum pernah baca isinya...bagi yang belum tau, jangan bayangin komik ini kayak komik2 jepang macam naruto atau OP yang sekarang banyak digandrungi, komik Tatang S ini sederhana sekali saudara2, ceritanya berkisar tentang kehidupan sehari-hari, kadang ada sisipan cerita misterinya juga, misterinya ini karena biasanya nampilin tokoh dedemit khas indonesia kayak pocong, mbak kunti dan kawan2nya...yang jadi tokoh di komik ini adalah punakawan dalam cerita pewayangan (petruk, gareng, bagong dan semar)...gw gak begitu inget semuanya, tapi gw suka banget komik ini waktu gw kecil, kalo di itung2 udah puluhan judul gw koleksi, cuma gak gw simpen baik2...sekarang raib semua entah kemana (gw nyesel sumpah...*sedih), biasanya gw beli komik ini di tukang jualan ager2 yang suka ngibulin anak2 pake undian2 aneh biar anak2 itu pada beli ager2nya terus2an,hahaha (gw salah satu korbannya...ini baru gw sadari setelah gw dewasa, :D ) biasanya mamang ager ini mangkal di depan sekolah, harga komiknya kalo gak salah 500 rupiah trus naik jadi 1000... (jangan tanya kenapa naik ya...waktu itu gw belum sempet nanya mamangnya). sekarang komik ini gak tau masih beredar apa enggak..tapi yang jelas, penulisnya Tatang Suhenra udah meninggal sejak 2003 ... (ini gw baru tau kemarin, baca di internet,hehe...) jadi, selain berbagai hal yang gw sebutin di prolog sebelumnya, komik Tatang Suhendra ini juga telah menjadi salah satu bagian dari masa kecil gw yang menyenangkan dan tak terlupakan...dan bisa jadi masa kecil kalian juga, terimakasih om Tatang :) 

kemarin gw gak sengaja nemu salah satu judul komik ini di internet, sekarang mari bernostalgia di kampung tumaritis bareng petruk dan Tatang Suhenra :) :) :)


source komik : kudiarto21.multiply.com
nah...kalo ini om Tatang. S



2 comments:

  1. waah dulu aku suka banget baca komik ini, koleksiku sampai puluhan. aku beli ganti2an sama abang ku waktu kami masih kecil. berkat komik ini juga nih aku semangat belajar membaca. sampai sekarang aku liat komik-komik itu masih dijual di toko langganan waktu aku kecil, tapi kayanya yang bikin bukan tatang s lagi deh.. haha jadi kangeen...
    makasih mas atas posting yang sedikit mengobati kangen ini, ga nyangka bisa baca komik tatang s secara online. hehe.

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete