Monday, May 8, 2017

Aku yang Hobi Nulis Lagu

Lamaaa sekali nggak ngisi blog, haha... kadang-kadang kasian liat blog yang terbengkalai ini, fokus saya memang terpecah untuk banyak hal jadi aktivitas nulis di blog ini menjadi sedikit terabaikan, bukan karena malas nulis, bukan...bahkan hampir setiap hari saya nulis, bedanya sekarang saya lebih banyak menulis laporan penelitian dan semacamnya, pekerjaan saya sekarang memang seputar itu.

okey! daripada blog ini nggak terisi ya, jadi mending saya nulis yang ringan-ringan saja, biar keliatan blog ini masih diurus gitu lah, hehe... kali ini saya mau membahas mengenai salah satu hobi saya yang mungkin belum banyak orang tau, karena saya memang nggak pernah umumkan kegemaran saya ini. jadi sejak SMA saya suka sekali menulis lagu, awalnya memang karena saya suka menyanyi.. woww nyanyi?SERIUS?.. masa sih? kok nggak pernah liat kamu nyanyi ya? mungkin itu pertanyaan yang akan muncul dari kalian semua, hahaha... ya, okelah! wajar sih, seperti yang saya bilang diawal tadi, saya memang tergolong jarang nyanyi di depan khalayak, saya nyanyinya diem-diem, hahaha... saya umumkan disini aja kalo gitu ya kalo saya sebenernya memang suka nyanyi. 

saya suka segala jenis musik mulai dari rock, punk, pop, jazz, reggae, dangdut ecetraa.. saya mendengarkan semua jenis musik itu. waktu itu saya belum bisa main musik, jadi kalo nyanyi ya nggak ada musiknya, kurang afdol kan ya, akhirnya untuk mendukung hobi itu saat SMA saya serius belajar main gitar, (ini alasannya kok gimana gitu ya, hahaha), sebenernya udah sejak SMP saya belajar gitar tapi nggak terlalu serius, seriusnya pas masuk SMA itu...ya sedikit-sedikit akhirnya bisa lah, saya belajar main gitar dari teman satu bangku saya waktu kelas satu SMA yang bisa dibilang jago banget main gitar, salman al faridzi namanya (doi apa kabar ya, udah lama nggak pernah kontak lagi) dan akhirnya kita bikin band waktu itu, band alay ala ala SMA gitu lah, posisi saya di vokal/bass/rythm, saat main band itu lah saya mulai nulis-nulis lagu, nggak banyak sih lagu yang saya tulis waktu itu dan kebanyakan udah lupa semua karena nggak diarsipkan :'( . masuk kelas 2 SMA saya keluar dari band itu karena ikut organisasi sekolah dan sibuk ikut lomba2 olimpiade, saya juga melihat aktivitas band ini agak sedikit kurang bermanfaat juga buat saya, tapi selepas keluar dari band itu saya masih suka nulis-nulis lagu dan keterusan sampe sekarang. kadarnya cuma buat iseng-iseng aja sebenernya... akhir-akhir ini saya mulai ngumpulin lagi lagu-lagu yang pernah saya buat, ini nih diantaranya


ini lagu yang saya ciptakan tahun 2010, waktu itu pas momen gunung merapi di magelang meletus, kalo pada inget waktu itu situasinya ngeri banget, menurut catatan sejarah, letusan itu adalah yang paling dahsyat sepanjang sejarah. dan saat itu juga lagi ada isu tentang pejabat-pejabat yang ramai-ramai bangun villa di puncak, ada momen bencana banjir juga kalo nggak salah, pokoknya situasi negeri tahun 2010 itu banyak banget bencana. terciptalah lagu ini 



hahaha.. lirik lagu ini memang agak provokatif, waktu itu banyak yang nanya..itu curhatan ya?okey.. let's make it clear ya, sebetulnya lagu ini terinspirasi dari kisah senior saya di kampus yang kisah cintanya seperti lirik di lagu ini, dia ini aktivis kampus yang nggak lulus-lulus, pada waktu itu dia nekat melamar gebetannya yang juga adik angkatanya, posisinya si cewek ini sudah lulus... dia nekat dateng ke rumah orangtuanya, bilang mau melamar.. nahhh pas moment lamaran ini, orangtua si cewek ngasih ultimatum kalo dia harus lulus dulu kalo mau melamar anaknya... akhirnya happy ending sih, keduanya akhirnya menikah. oke clear ya.. hahaha

satu lagi, lagu ini juga terinspirasi dari kisah temen saya yang sering curhat soal dia yang nggak bisa move on dari mantannya, dikasih macem-macem saran tetep aja nggak mempan...curhat nya masih sama sampe bosen pokoknya, haha.. sampe tulisan ini saya tulis nggak tau deh orangnya udah bisa move on belum dari mantannya, ini nih lagunya



udah, segini dulu deh... ulasan lagu berikutnya nyusul di potingan berikutnya, disimpen biar ada bahan buat nulis lagi..hahaha



1 comment: